Iklan Atas Zona Muslim

Menengok Keindahan 8 Gunung Di Jawa Tengah Yang Perlu Dicoba
4/ 5 stars - "Menengok Keindahan 8 Gunung Di Jawa Tengah Yang Perlu Dicoba" Anda seorang pecinta alam? Rasanya belum lengkap jika belum mencicipi keindahan eksotika 8 gunung yang ada di jawa tengah ini. Gunung ya...

Menengok Keindahan 8 Gunung Di Jawa Tengah Yang Perlu Dicoba

Admin

Anda seorang pecinta alam? Rasanya belum lengkap jika belum mencicipi keindahan eksotika 8 gunung yang ada di jawa tengah ini. Gunung yang hampir berdekatan jaraknya ini menawarkan kemolekannya saat berada diatas puncaknya. Selain tentu memiliki nilai historis yang sakral, gunung-gunung ini adalah karya agung sang Pencipta, Alloh Subhanahu wata'alaa. Yuuk langsung saja kita simak ulasan singkat 8 gunung indah yang membentang di jawa tengah.

1. Gunung Merapi

Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali.Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia. (Ketinggian puncak 3.371 mdpl), gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai "Kledung Pass".

4. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro, biasa disebut Sindara, atau juga Sundoro (Ketinggian puncak 3.150 mdpl) merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing.Gunung sindara dapat terlihat jelas dari puncak sikunir dieng

Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lavakecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).

5. Gunung Kembang

Ada yang tau tentang gunung kembang? Sebuah gunung kecil yang terletak tepat di sebelah gunung sindoro ini sering dijuluki dengan nama “anak gunung sindoro” karena memang lokasinya yang menempel dengan gunung sindoro.

Dulu gunung kembang tidaklah populer di kalangan para pendaki, tapi kini gunung kembang menjadi salah satu gunung yang cukup diminati oleh pendaki karena pemandangannya yang tak kalah indah dengan gunung di sekitarnya.

Ada beberapa jalur pendakian gunung kembang yang bisa kita coba, salah satunya dan yang paling populer adalah jalur via Blembem Wonosobo.

6. Gunung Prau

Puncak Gunung Prahu merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai di puncak. Gunung Prahu merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

7. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manikpada abad ke-15. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.

8. Gunung Telomoyo

Gunung ini diapit oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. Ia terbentuk dari sisi selatan Gunung Soropati yang telah tererosi dan runtuh sejak Pleistosen. Akibat runtuhan ini, terbentuk cekungan berbentuk U. Gunung Telomoyo muncul di sebelah selatan depresi ini setinggi 600 m dari dasar cekungan.

Orang-orang dapat naik hingga ke puncak Gunung Telomoyo dengan menggunakan kendaraan maupun jalan kaki.Terdapat air terjun kecil disaat menapaki jalan menuju puncak gunung. Pemandangan di sekitar gunung ini sangat bagus. Di puncak gunung ini sekarang banyak didirikan menara penerus sinyal radio. [Muhammad Djafar Ibrahim]

Yang Baru Zona Muslim

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru