10 Tips Memilih Mobil untuk Keluarga

10 tips mudah memilih mobil untuk diketahui

Saat ini Memiliki kendaraan untuk keluarga hampir menjadi kebutuhan yang mendesak. Kenyamanan dan efesiensi menjadi salah satu faktornya. Namun untuk mendapatkan mobil yang tepat dan cocok sebagai mobil keluarga tidaklah mudah. Diperlukan banyak pertimbangan mulai dari bentuk, ukuran, harga dan tentunya pertimbangan keamanan dan kenyamanan tidak kalah pentingnya.

Lalu bagaimana tips cara memilih mobil yang tepat untuk keluarga? Semoga tulisan berikut ini bisa membantu anda untuk mendapatkan mobil idaman keluarga.

1. Ukuran dan kapasitas mobil. Karena yang dicari adalah mobil keluarga, maka carilah mobil dengan ukuran yang bisa memuat seluruh anggota keluarga. Jika keluarga anda berjumlah empat orang maka carilah mobil dengan kapasitas empat orang. Begitu seterusnya. Abaikan rasa gengsi dalam memilih mobil keluarga, karena alasan utama adalah kemanfaatannya untuk keluarga.

2. Utamakan mobil dengan nilai keamaan tinggi (safety first). Kenapa demikian? Tentu saja karena ini mobil keluarga, yang sudah pasti keluarga menjadi pemakai utama. Maka keselamatan keluarga adalah segalanya. Untuk memastikan nilai keamanan sebuah mobil bisa dicek atau menanyakan langsung kepada pihak produsen mengenai uji keselamatannya apakah sudah lulus uji apa belum.

3. Cek kenyamanan, caranya cobalah test drive dijalan yang berlubang dan rasakan apakah guncangannya keras atau tidak. Selain itu pilihlah kendaraan dengan bantingan setir yang lembut. Sehingga mobil akan terasa nyaman saat melaju dijalan yang normal maupun jalan bebas hambatan.

4. Nilai ekonomis tinggi. Yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan saat membeli mobil adalah carilah mobil dengan nilai ekonomis yang tinggi, contohnya mobil yang irit BBM dan biaya perawatn rendah. Hal ini bertujuan untuk menekan dan menghemat pengeluaran bulanan. Baca juga: 5 Tips Atasi Defisit Anggaran Diakhir Bulan

5. Gali informasi. Informasi ini meliputi informasi alamat service center kendaraan tersebut. Apakah banyak tersedia di setiap kota apa tidak. Kemudian jangan lupa tanyakan juga mengenai harga suku cadangnya. Karena sebagaimana sudah menjadi rahasia umum banyak suku cadang yang harganya murah diawal namun menjadi mahal diperawatannya.

6. Sebagai kendaraan keluarga carilah mobil yang memiliki kantong udara pengaman (air bag) dan pastikan semua berfungsi dengan baik.

7. Perhatikan sabuk pengaman yang ada disetiap kursi, baik depan tengah maupun belakang. Serta pastikan juga apakah bisa disetting untuk ukuran anak-anak.

8. Perhatikan bagian remnya. Apakah menggunakan system rem anti lock atau dilengkapi dengan system ABS (anti lock braking system) yang berfungsi untuk mengunci kendaraan saat tergelincir dan mobil tetap dalam keadaan terkontrol. Hal ini sangat penting dari segi keselamatan. Meskipun masalah musibah tidak kita harapkan namun melakukan upaya prefentif lebih baik.

9. Selain itu cek dan pastikan juga kelengkapan mobil apakah mobil dilengkapi dengan safety door dan window lock. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak tetap aman saat berada dalam kendaraan.

10. Ajak orang yang ahli dalam masalah otomotif dan jadikan sebagai konsultan sementara anda.

Nah, jika semua kriteria diatas sudah terpenuhi, selanjutnya silahkan buat penawaran yang cocok. Cash atau kredit silahkan putuskan sesuai anggaran yang dimiliki. Dan, selamat berkendara dan jangan lupa berdoa. ingat selalu keselamatan keluarga adalah yang paling utama.

Related Posts

Previous
Next Post »