Iklan Atas Zona Muslim

Syarat-syarat Zakat Hewan Ternak
4/ 5 stars - "Syarat-syarat Zakat Hewan Ternak" Perlu kita fahami bahwa tidak semua hewan ternak wajib dizakati. Hanya Hewan Ternak tertentu Yang Dikeluarkan Zakatnya. Para ulama sepaka...

Syarat-syarat Zakat Hewan Ternak

Admin

Perlu kita fahami bahwa tidak semua hewan ternak wajib dizakati. Hanya Hewan Ternak tertentu Yang Dikeluarkan Zakatnya. Para ulama sepakat bahwa hewan ternak yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah unta, sapi dan kambing, hal ini berdasarkan pada hadits-hadits yang akan dijelaskan. Insya Allah.

Kemudian para ulama berbeda pendapat pada hukum zakat kuda. [Al-Mughniy (2/260). Fathul Qadiir (1/502). Syarh al-Manhaj (2/3). Al-Mausuu'ah (23/262)] Menurut jumhur Ulama, termasuk ulama Hanafiyah, bahwa kuda merupakan hewan yang tidak digunakan untuk berdagang, meskipun ia termasuk hewan ternak dan terus berkembang biak, baik itu ia dipekerjakan ataupun tidak, maka tidak ada zakat pada kuda.

Pendapat ini dikuatkan oleh sabda nabi Shallallahu 'alaihi wasallam :

) ليْسَ عَلَى الْمُسْلِمِ فِى فَرَسِهِ وَغُلاَمِهِ صَدَقَةٌ)

“Tidak ada kewajiban zakat bagi seorang muslim terkait kudanya dan budaknya.” [Hadits shahih, disalin oleh Al-Bukhariy (1464), dan Muslim (628)]

Menurut Abu Hanifah dan Zufar, bahwa jika kuda yang diternak terdapat jantan dan betina, maka ada kewajiban zakat di sana, namun jika hanya menernak yang jantan-jantan saja, atau yang betina saja, artinya tidak bisa bekembang biak, maka tidak diwajibkan mengeluarkan zakat. Berdalil pada hadits nabi Shallallahu 'alaihi wasallam :

الْخَيْلُ لِرَجُلٍ أَجْرٌ ، وَلِرَجُلٍ سِتْرٌ ، وَعَلَى رَجُلٍ وِزْرٌ (وفيه) وَلَمْ يَنْسَ حَقَّ اللَّهِ فِي رِقَابِهَا وَظُهُورِهَا)

Kuda itu ada yang bagi seseorang membawa pahala, ada yang menjadi pelindung dan ada yang mendatangkan dosa…Namun dia tidak melupakan hak Allah pada kaki dan punggung kudanya.

Yang di maksud hak individu adalah zakat.

Sedangkan hewan lain seperti kuda kecil, keledai dan lain-lain, tidak ada kewajiban zakatnya, selama tidak dipergunakan untuk berdagang. Sebagaimana sabda nabi, Kuda itu ada yang bagi seseorang membawa pahala… Kemudian nabi ditanya tentang keledai, beliau bersabda, Tidak turun kepadaku tentang hal ini, kecuali ayat ini yang mencakup manfaat yang besar:

(فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ)

Bagi siapa yang mengerjakan kebaikan seberat biji sawi sekalipun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. [Surat al-Zalzalah, ayat 7]

Syarat-Syarat Wajib Zakat Hewan Ternak

Hewan ternak wajib dikeluarkan zakatnya dengan tiga syarat:

1. Mencapai jumlah satu nishab. Akan dijelaskan secara terperinci.

2. Sudah melewati masa satu tahun.

Sebagaimana hadits nabi:

(لاَ زَكَاةَ فِي مَالٍ حَتَّى يَحُولَ عَلَيْهِ الْحَوْلُ)

Tidak wajib zakat pada harta, hingga melewati masa satu tahun. [Hadits Dha`if, dikeluarkan oleh Ibnu Majah (1792). Hadits ini dha`if walaupun dihukum shahih oleh Al-Albaniy dalam Shahiihu al-jamii‘ (7497). Akan tetapi dituntut mengamalkan dalam permasalahan zakat hewan ternak, lihat Al-Muhalla (5/267)]

3. Hewan ternaknya dilepaskan (mencari makan sendiri), yakni di gembala di tempat yang di bolehkan dalam pandangan umum.

Hewan Ternak Terbagi Empat

Hewan ternak kambing, sapi dan unta dalam beberapa pandangan terbagi kepada empat bagian:

1. Hewan ternak tersebut dilepaskan, di gembala di tempat yang diperbolehkan secara umum, dan hewan ternak tersebut dipersiapkan untuk dikembang biakkan dan di konsumsi susunya. [Asy-Syarh al-Mumti‘ ‘alaa Zaadi al-Mustaqti‘ (6/52-53)] 

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wata'ala :

(مِّنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ)

Dan sebagian boleh menyuburkan tumbuh-tumbuhan untuk menggembala ternakanmu. Maka hewan ternak yang seperti ini wajib dikeluarkan zakatnya.

2. Hewan yang digemukkan, walaupun dikembangkan dan dimanfaatkan susunya, akan tetapi pemiliknya membelinya untuk memakan dagingnya atau untuk di sembelih dan dimakan, maka hewan tersebut tidak diwajibkan untuk dikeluarkan zakatnya.

3. Hewan yang dipekerjakan, seperti unta yang di sewakan oleh pemiliknya untuk mengangkut barang, dan menjadi kendaraan, seperti juga sapi pembajak sawah dan pembawa air. Menurut mayoritas ulama tidak wajib mengeluarkan zakatnya. Sedangkan menurut kalangan ulama mazhab Maliki wajib mengeluarkan zakatnya. [Syarh Fath –al-Qadiir (1/509). Al-Mughni (2/576)]

4. Hewan yang dipersiapkan untuk berdagang, maka zakatnya seperti harta dagangan yang lain. Maka wajib mengeluarkan zakat seekor unta jika harganya sampai satu nishab, baik unta tersebut tergolong dikembang-biakkan, digemukkan atau sebagai kendaraan. Wallohu a'lam.

Demikian kajian dingkat mengenai syarat-syarat hewan yang dizakati. Semoga bermanfaat. Barokallohu fiikum

Yang Baru Zona Muslim

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru