Iklan Atas Zona Muslim

Inilah Alasan Kenapa Sebelum Tidur Disunnahkan Ngebuti Kasur
4/ 5 stars - "Inilah Alasan Kenapa Sebelum Tidur Disunnahkan Ngebuti Kasur" Salah satu adab sebelum tidur yang disebutkan dalam syariat kita adalah me-ngebuti / mengibas-ngibas kasur sebelum kita gunakan untuk t...

Inilah Alasan Kenapa Sebelum Tidur Disunnahkan Ngebuti Kasur

Admin

Salah satu adab sebelum tidur yang disebutkan dalam syariat kita adalah me-ngebuti / mengibas-ngibas kasur sebelum kita gunakan untuk tidur. Imam Bukhori dan Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab shahihnya masing-masing sebuah hadits dari Abu Huroiroh radhiyallahu anhu :

إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ، فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ، ثُمَّ يَقُولُ: بِاسْمِكَ رَبِّ وَضَعْتُ جَنْبِي وَبِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

"Apabila seseorang dari kalian hendak tidur, maka hendaklah ia mengibas-ngabaskankan tempat tidurnya dengan ujung kain sarungnya, karena ia tidak tahu apa yang terdapat di atas kasurnya. Lalu mengucapkan doa:

"Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku dan atas nama-Mu aku mengangkatnya, dan jika Engkau menahan diriku, maka rahmatilah, dan jika Engkau melepaskannya, maka jagalah sebagaimana Engkau menjaga hamba-Mu yang shalih".

Hikmahnya adalah supaya kotoran dan mungkin saja hewan-hewan pengganggu seperti kecoa, kalajengking dan semisalnya sudah bisa kita singkirkan, sehingga tidur kita menjadi nyaman. Salah seorang guru kami mengatakan bahwa diantara hikmahnya juga adalah untuk mengusir jin yang barangkali sedang tidur diatas kasur kita, sehingga dengan diusirnya mereka tidak menggangu tidur, yang biasanya orang jawa menyebunya "tindihan".

Asy-Syaikh Ali Ahmad ath-Thahthawiy dalam kitabnya "Fath al-Manaan bi Ahkaam al-Jaan" (hal. 217) menukil sebuah atsar yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abid dunya dari Qois bin Abi Hazm yang berkata :

ﻣﺎ ﻣﻦ ﻓﺮﺍﺵ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﺑﻴﺖ ﻣﻔﺮﻭﺷﺎ ﻻ ﻳﻨﺎﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺣﺪ ﺇﻻ ﻧﺎﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎن

“Tidak ada satu kasur pun yang ada di dalam suatu rumah yang tidak ditiduri oleh manusia, kecuali SETAN AKAN TIDUR DI ATAS KASUR ITU".

Lalu asy-Syaikh mengomentari bahwa makna atsar diatas dikuatkan dengan hadits dalam shahih Muslim :

فِرَاشٌ لِلرَّجُلِ، وَفِرَاشٌ لِامْرَأَتِهِ، وَالثَّالِثُ لِلضَّيْفِ، وَالرَّابِعُ لِلشَّيْطَانِ

"Satu kasur untuk laki-laki, satu kasur untuk wanita, kasur yang ketiga untuk tamu dan yang keempat untuk setan".

Namun saya mendapatkan Imam Bukhori dalam kitabnya "Adaab al-Mufrad" memahami bahwa ngebutin kasurnya adalah ketika seorang bangun dari tidur lalu hendak kembali tidur, karena beliau memberikan judul bab untuk hadits muttafaqun alaih diatas :

باب إذا قام من فراشه ثم رجع فلينفضه

"Bab jika seorang bangun tidur lalu mau kembeli tidur, hendaknya ia kibas-kibaskan tempat tidurnya".

Oleh karenanya, tim islam.web mengatakan :

ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑـ ﺃﻭﻯ ﺇﻟﻰ ﻓﺮﺍﺷﻪ : ﻋﺎﺩ ﺇﻟﻰ ﻓﺮﺍﺵ ﻧﻮﻣﻪ ﻋﻨﺪ ﺇﺭﺍﺩﺓ ﺍﻟﻨﻮﻡ

"Yang dimaksud dengan "awaa ilaa firasyihi" adalah kembali ke kasur ketika hendak tidur kembali".

Namun dalam kitab shahihnya Imam Bukhori memberi judul bab untuk hadits diatas dan hadits-hadits lainnya dengan judul :

بَابُ التَّعَوُّذِ وَالقِرَاءَةِ عِنْدَ المَنَامِ

"Bab berta'awudz dan membaca doa ketika hendak tidur".

Asy-Syaikh Musthafa Bughaa dalam catatan kakinya terhadap Shahih Bukhori mengatakan :

(أوى) أتى فراشه لينام عليه

"Awaa yaitu mendatangi kasur untuk tidur diatasnya".

Berdasarkan hal ini, tidak jauh juga jika adab tidur ini yaitu ngebuti kasur terlebij dahulu adalah mencakup sebelum tidur dan juga setelah bangun (ngelilir) pada malam hari lalu ia beranjak dari tempat tidurnya, entah mungkin mau ke kamar mandi atau aktivitas lainnya, lalu ketika mau kembali tidur lagi, ia ngebuti kasurnya lagi, untuk memastikan kotoran dan binatang yang berbahaya tidak ada di tempat tidurnya, termasuk kemungkinan jin menempati kasurnya ketika ditinggal pergi. Wallahu a'lam.

Abu Sa'id Neno Triyono

Yang Baru Zona Muslim

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru