Iklan Atas Zona Muslim

Mengucapkan Selamat Natal Adalah Sikap Toleransi Yang Dibenarkan?
4/ 5 stars - "Mengucapkan Selamat Natal Adalah Sikap Toleransi Yang Dibenarkan?" Ada yang masih ragu akan keharaman mengucapkan selamat natal atau selamat tahun baru? Ketahuilah Mengucapkan selamat natal dan tahun ...

Mengucapkan Selamat Natal Adalah Sikap Toleransi Yang Dibenarkan?

Admin

Ada yang masih ragu akan keharaman mengucapkan selamat natal atau selamat tahun baru? Ketahuilah Mengucapkan selamat natal dan tahun baru diharamkan dalam islam.

Ada yang mengatakan, "bukankah itu hanya sekedar ucapan? Itu tidak lebih dari bukti toleransi, bukankah kita adalah negara bhinneka tunggal ika?"

Kalimat diatas nampak indah dan benar. Namun Ini adalah syubhat yang sering dilontarkan oleh sebagian orang terutama manusia dari kalangan aliran islam liberal kepada kita.

Saudaraku perlu direnungkan! "Bukankah Masuk islam juga dengan ucapan, bahkan murtad pun bisa jadi dengan ucapan"?

Bahkan seseorang juga bisa jadi masuk surga karena ucapan, sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Al-Maidah ayat 85:

فَأَثَابَهُمُ اللَّهُ بِمَا قَالُوا جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا

"Maka Allah memberi mereka pahala terhadap perkataan yang mereka ucapkan, (yaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya."

Atau bahkan seseorang juga bisa terlaknat hanya karena ucapannya. Allah berfirman dalam Surah Al-Maidah ayat 64:

وَلُعِنُوا بِمَا قَالُوا

"Dan mereka dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan."

Oleh karena itu jangan anggap remeh suatu ucapan, terlebih ucapan SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU.

Apa konsekwensinya jika kita mengucapkan selamat natal? Jika engkau mengatakan 'selamat natal' berarti sama saja engkau mengatakan "selamat ya atas kelahiran anak Allah" subhanallah, perkataan simple yang membuat pelakunya bisa terjatuh kedalam kekufuran. karena itulah yang diyakini orang-orang nasrani. Perkataan singkat yang membuat langit dan bumi tergoncang, Allah berfirman dalam Surah Maryam, ayat 88-91:

Sekali lagi kami tegaskan mengucapkan "SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU" adalah haram. Pahami makna toleransi, toleransi bukan mencampuradukan urusan aqidah, maupun sekedar ikut campur dalam praktek ibadah mereka, bukan ikut merayakan, bukan ikut berpartisipasi, bukan juga hanya sekedar memberi ucapan selamat.

Toleransi sesungguhnya adalah "membiarkan" (lihat KBBI).

Membiarkan orang-orang kafir itu merayakan apa yang mereka yakini tanpa mengganggu mereka. Wallahu a'lam

Semoga Allah selamatkan aqidah kita dari berbagai syubhat dalam masalah aqidah maupun pemikiran. Dan mengokohkan iman kita sampai akhir hayat. Aamiin

Yang Baru Zona Muslim

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru