Iklan Atas Zona Muslim

Masih Ragu? Inilah Dalil Haramnya Rokok!
4/ 5 stars - "Masih Ragu? Inilah Dalil Haramnya Rokok!" Mengenai haramnya rokok terlalu banyak untuk disebutkan dalil-dalil yang melarang hal itu. Baik dalil syar'i maupun dalil 'aqli d...

Masih Ragu? Inilah Dalil Haramnya Rokok!

Admin

Mengenai haramnya rokok terlalu banyak untuk disebutkan dalil-dalil yang melarang hal itu. Baik dalil syar'i maupun dalil 'aqli dan hasil riset oleh ahli kesehata. Dalam kesempatan ini akan kami kemukakan mengenai dalil-dalil haramnya rokok. Namun sebelumnya kita mulai dari sejarah munculnya rokok secara ringkas.

Sejarah rokok

Ketika munculnya tembakau dan digunakan oleh sebagian manusia, hal itu pada awal kurun kesebelas (11) hijriyah. Para ahli fiqih berbeda pendapat dalam hukumnya, sebagian dari mereka berpendapat hukumnya haram, dan sebagian lagi berkata makruh dan sebagian lagi membolehkannya.

Ringkasannya, dari perbedaan pendapat di dalamnya adalah bahwa merokok hukumnya haram, karena segala penyebab pengharaman terdapat di dalamnya yaitu:

1. Menyebabkan kerusakan dan bahaya pada tubuh

(قد نهى رسول الله عن كل مسكر و مفتر)

“Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- telah melarang dari segala yang memabukkan dan yang melemahkan”. [Dhaif, telah ditakhrij sebelumnya]

2. Merupakan sesuatu yang buruk, terutama bahwa daun tembakau dibubuhi dengan khamr. Tidak terbayangkan oleh orang yang berakal bahwa asapnya merupakan sesuatu yang baik. Allah -subhanahu wa ta`ala- berfirman:

(وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِث)

“Allah mengharamkan bentuk-bentuk kekejian atas mereka." [Surat al A'raf, 157]

3. Bahwa asapnya sudah pasti berbahaya terhadap tubuh manusia karena terdapat di dalamnya zat-zat yang merusakkan seperti nikotin dan lainnya dari hal-hal yang dapat menyebabkan kanker paru-paru dan tenggorokan.

Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam- telah bersabda:

(لا ضرر و لا ضرار)

“Tidak boleh ada bahaya dan membahayakan." [Hasan dan telah banyak disebutkan]

Allah -subhanahu wa ta`ala- berfirman:

(وَلَا تَقْتُلُوا أَنفُسَكُم)

“Dan janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri." [Surat an Nisa', 29]

Tidak ada perbedaan pengharaman pada sesuatu yang membahayakan di antara seluruh bahaya pada sekali gerakan-yakni: terjadi pada satu gerakan- atau secara berkala.

4. Di dalamnya terdapat pemborosan dan membuang-buang harta.

Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- membenci penyia-nyiaan harta. Tidak ada perbedaan pendapatdalam pembuangan harta antara membuangnya ke laut atau membakarnya dengan api.

Faedah: Merokok Mempercepat Menopause Bagi Perempuan

Telah diberitakan dalam majalah kedokteran “La Fest” suatu artikel tentang merokok yang disebutkan di dalamnya: Penelitian modern Amerika telah menghasilkan pada hasil yang sama yang dihasilkan oleh para ulama' di inggris, bahwa perempuan yang perokokmenampakkan masa monopause pada masa yang masih dini dibandingkan dengan perempuan yang tidak merokok. [Al Asyribah wa Ahkamuha fi Agamail Islamiyah Prof.Majid Abu Rakhiyyah, dari al Mufasshal (3/71)]

Penelitian Amerika ini dilakukan terhadap 3.500 perempuan usia paruh baya dan hasilnya menunjukan mereka telah mengalami menopause dusia subur.

Saudaraku, sekiranya penjelasan diatas cukup bagi kita untuk meyakinkan bahwa rokok adalah haram dan membahayakan kesehatan, baik kesehatan sendiri maupun orang lain terutama keluarga kita. Mulailah dari sekarang berhenti merokok dengan memohon pertolongan kepada Alloh swt. Wallahu a'lam.


Yang Baru Zona Muslim

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru