Iklan Atas Zona Muslim

14 Adab-adab Rumah Seorang Muslim
4/ 5 stars - "14 Adab-adab Rumah Seorang Muslim" Pendahuluan Manusia mengahabiskan sebagian besar waktu istirahatnya bersama keluarga di rumahnya. Maka manfaatkanlah waktu kebersama...

14 Adab-adab Rumah Seorang Muslim

Admin
Adab-adab didalam rumah

Pendahuluan


Manusia mengahabiskan sebagian besar waktu istirahatnya bersama keluarga di rumahnya. Maka manfaatkanlah waktu kebersamaan dengan keluarga dirumah dengan melakukan nilai-nilai kebaikan dan prinsip-prinsip ajaran islam yang akan mendatangkan ridho dan keberkahan dari Alloh SWT. Sehingga tercapailah keinginan menjadi keluarga yang bahagia dan bertaqwa.

Satu hal yang harus diperhatikan bagi seorang muslim saat berada dirumah adalah menjadikan rumah sebagai ladang amal sholeh dengan memperbanyak ibadah, mendekatkan diri kepada Alloh, memperbanyak sholat sunnah dirumah, bedoa dan bermunajat atas kebutuhan-kebutuhan hidupnya.

Selanjutnya jadikan rumah sebagai tempat untuk belajar membekali diri dengan ilmu pengetahuan dengan cara membaca buku di sela-sela waktu yang senggang. Selanjutnya berfikirlah untuk menyapa orang lain dan bergaul dengan mereka. Dan bergaullah dengan sebaik-baik pergaulan.

Berikut ini beberapa adab islami dalam rumah :


1. Membaca basmallah saat masuk rumah

عن جابر قال: سمعت رسول الله يقول: إذا دخل الرجل بيته فذكر الله عالى عند دخوله وعند طعامه قال الشيطان: لا مبيت لكم ولا عشاء، وإذا دخل فلم يذكر الله تعالى عند دخوله قال الشيطان: أدركتم المبيت، وإذا لم يذكر الله تعالى عند طعامه قال: أدركتم المبيت والعشاء. رواه مسلم

Artinya :Dari Jabir berkata : aku mendengar Rosululloh SAW bersabda : Apabila seseorang masuk rumah lalu menyebut nama Alloh saat masuk dan saat makannya, maka syaithan berkata kepada sesamanya : tidak ada tempat untuk menginap dan makan malam bagi kalian. Namun apabila masuk rumah tidak menyebut nama Alloh (berdoa) Syaithan berkata : nah sekarang kalian bisa menginap. Dan juga tidak menyebut nama Alloh (berdoa) saat makan, syaithan berkata : nah sekarang kalian bisa menginap dan makan malam. (HR Muslim)

2. Membaca doa saat masuk rumah, lalu mengucapkan salam kepada penghuninya, baik rumah yang dihuni maupun yang kosong. Sahabat Malik berkata : disunnahkan membaca salam saat hendak masuk rumah yang kosong dengan ucapan :

: السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين

Dan

وعن أنس قال: قال رسول الله: يا بنيّ إذا دخلت على أهلك فسلّم، تكن بركة عليك وعلى أهل بيتك رواه الترمذي.

Artinya : Dari Anas Rodhiyallohu ‘anh, berkata Rosululloh SAW bersabda : “Wahai anakku, jika kamu masuk rumahmu ucapkanlah salam, maka keberkahan atas kamu dan keluargamu”. (HR At Tirmidzi)

3. Hindari masuk rumah tanpa permisi tanpa memberi isyarat atau memberi salam kepada penghuninya. Agar tidak melihat sesuatu yang tidak disukai untuk dilihat oleh orang lain dan menghindari terjadinya perbuatan dosa lainnya. Terleih saat habis pepergian jauh dan lama.

وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَنْ تَأْتُوْاْ الْبُيُوتَ مِن ظُهُورِهَا وَلَـكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَى وَأْتُواْ الْبُيُوتَ مِنْ أَبْوَابِهَا وَاتَّقُواْ اللّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya. akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung. (QS Al baqoroh :189)

4. Menghadirkan Alloh dalam kesendirian didalam rumah

5. Hindari berteriak, bercanda yang bisa mengganggu keluarga maupun tetangga

6. Jangan mengeraskan suara radio atau televisi, apalagi pada waktu-waktu istirahat

7. Tidak mendengarkan atau menonton tayangan yang tidak pantas bagi seorang muslim yang hanya akan menghabiskan waktunya

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungan jawabnya. QS Al Isro : 36

8. Perhatian terhadap aurat diri dan rasa malu. Hindari membuka aurat yang bisa dilihat oleh orang lain, terlebih saat mengganti pakaian dan mandi. Serta menjaga harga diri dan adab disaat duduk atau tidur, serta mennundukan pandangan dari melihat aurat orang lain.

عن إبن عباس أن النبي قال: نهيت أن أمشي عريانا رواه الطبراني

Artinya : Dari Ibnu ‘Abbas bahwa Nabi SAW bersabda : “Aku dilarang berjalan sambil telanjang” (HR At Thobroniy)

9. Ridho terhadap pemberian Alloh berupa rumah yang ditempati, serta tidak mengeluh jika memiliki rumah yang sempit maupun jelek. Karena berapa banyak orang yang lebih sengsara dari kita yang tidak punya rumah sama sekali.

عن عبدالله بن عمرو قال: كان رسول الله إذا رجع من النهار الى بيته يقول: الحمد لله الذي كفاني وآواني، والحمد لله الذي أطعمني وسقاني، والحمد لله الذي منّ عليّ، أسألك أن تجيرني من النار رواه ابن السني

Artinya : Dari Abdullah bin Amr berkata : adalah Rosululloh apabila pulang kerumahnya berkata : “Segala puji bagi Alloh yang mencukupiku dan memberiku tempat tinggal, dan segala puji bagi Alloh yang memberiku makan dan minum. Dan segala puji bagi Alloh yang memberiku karunia. Aku mohon kepada-Mu agar jauhkan aku dari neraka.” (HR Ibnu Sinai)

10. Cek kondisi rumah dan perabotannya secara berkala. Merawatnya agar tidak cepat rusak. Dan segera lakukan perbaikan jika ada bagian rumah yang rusak agar tidak bertambah parah.

11. Perhatikan selalu kebersihan dan kerapiannya, bekerjasama dengan anggota keluarga lain dalam melakukannya

عن الأسود بن يزيد قال: سئلت عائشة ا: ما كان النبي يصنع في بيته؟ قالت: كان يكون في مهنة أهله ـ يعني خدمة أهله ـ فإذا حضرت الصلاة خرج الى الصلاة. رواه البخاري

Artinya : Dari Aswad bin Yazid berkata : Aku bertanya kepad ‘Aisyah : Apa yang dilakukan Rosululloh dirumah? Beliau menjawab : Rosululloh SAW selalu melayani keluarganya, dan apabila sudah waktunya sholat beliau keluar untuk sholat.” (HR Bukhori)

12. Menjaga privasi (rahasia) yang berkaitan dengan rumah (keluarga)

13. Memberi salam saat hendak masuk melalui pintu yang dikehendaki

14. Membaca doa saat keluar rumah

عن أم سلمة ا أن النبي كان إذا خرج من بيته قال: بسم الله توكلت على الله، اللهم إني أعوذ بك أن أضلّ أو أضل، أو أزلّ أو أزل، أو أظلم أو أظلم، أو أجهل أو يجهل عليّ رواه الترمذي وأبو داود

Artinya : Dari Ummu Salamah, bahwasanya Nabi SAW apabila keluar rumah membaca : “Dengan nama Alloh aku bertawakal kepada-Nya. YA Alloh aku berlindung kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan. Dari terpeleset atau dipelesetkan. Dari berbuat dzolim atau dizolimi. Dari berbuat jahil atau dijahili.” (HR At Tirmidzi)

وعن أنس قال: قال رسول الله: من قال إذا خرج من بيته: بسم الله توكلت على الله، ولا حول ولا قوة إلا بالله، يقال له: كفيت ووقيت وهديت، وتنحّى عنه الشيطان رواه الترمذي

Artinya : Dan dari Anas berkata Rosululloh SAW bersabda : “Barang siapa ketika keluar rumah membaca : Dengan nama Alloh aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali karena Alloh. Maka akan dikatakan kepadanya : Kamu telah dicukupi, dijaga dan ditunjukan jalannya serta dibebaskan dari kejahatan syaithan.” (HR At Tirmidzi)

Demikian penjelasan tentang 14 adab-adab rumah sesuai tuntunan Rasulullah. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa kita amalkan.

Yang Baru Zona Muslim

Lihat semua

Ikuti kami & Dapatkan update terbaru